Rabu, 15 Oktober 2014

Adapter Card

Adapter card atau kartu ekspansi adalah sebuah papan sirkuit cetak yang dapat disisipkan ke sebuah slot adapter dari motherboard komputer untuk menambahkan sebuah fungsi tertentu. Sisi yang satu dari adapter card memiliki kontak yang tepat masuk ke dalam slot. Kontak ini kemudian menyediakan kontak elektris antara sirkuit terpadu (IC) dari kartu ekspansi dengan sirkuit terpadu dari mother board. Konektor pada adapter card kemudian berfungsi untuk menyediakan koneksi antara kartu dengan peralatan eksternal

Komponen Adapter Card:
a. NIC
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
Fungsi NIC
  • Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
  • Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
  • Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer
b. Video Adapter
Merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain Komponen hardware video adaptor dengan memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan memori internal sehiingga beban kinerja prosesor utama menjadi lebih berkurang. Fungsi :
  1. Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitor
  2. Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik.
  3. Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows)
c. Wireless NIC
NIC Wireless berfungsi untuk menghubungkan PC dengan AP. bIasanya perangkat ini berformat PCI, sedangkan untuk Laptop berformat PCMCIa dan USB (Tidak menutup kemungkinanakan berformat lain sesuai perkembangan teknologi).

Cara Merakit Adapter Cards
1. Ini adapter card yang belum di rakit.
2. Memasang NIC di slot yang sudah disediakan.
3. Kuatkan dengan sekrup NIC.
4. Memasang Wireless NIC.
5. Kuatkan dengan sekrup wireless NIC.
6. Memasang video adapter card.
7. Kuatkan dengan sekrup video adapter.
8. Terakhir, Ini adapter card yang sudah selesai di rakit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar